Pasang iklan

Cara mempercepat kinerja komputer anda yang spek rendah

 

Cara mempercepat kinerja komputer -  Gimanasihh cara mengatasi komputer lemot ?... Pertanyaan ini memang sering dilontarkan para pengguna yang mengalami masalah dengan komputer mereka, saya pun pernah mengalami hal seperti itu.

cara mengatasi komputer lemot

Komputer lemot memang masalah spele namun sangat menjengkelkan menurut saya , apalagi saat kita sedang buru-buru menyelesaikan tugas kantor atau tugas sekolah, memaksakan menggunakan komputer lemot juga sebenarnya tidak baik untuk diri kita, karena akan menimbulkan tekanan batin,,hehehe.

Namun apa penyebabnya kenapa komputer saya bisa lemot ?

Jawabanya, Banyak sekali penyebabnya, terbatasnya pengetahuan juga sebenarnya bagian dari penyebab komputer anda bisa lemot, untuk itu saya sarankan agar banyak-banyak dah anda berkunjung ke sini agar anda banyak pengetahuan tentang komputer,,heheheh

Spesifikasi komputer saya tinggi, kenapa komputer saya tetap lemot ?

Spek komputer tinggi tidak menjamin komputer anda melesat cepat, memang spek komputer tinggi menjadi salah satu solusi mengatasi komputer lemot, tapi masih banyak faktor penyebab lain yang membuat komputer terasa lemot,

Biar anda tidak bingung dengan tulisan-tulisan diatas, langsung saja saya berikan tips agar komputer anda lebih ringan dari biasanya.


Cara membuat komputer jadi enteng tidak lemot

 

  1. Perilaku Penggunaan Komputer
 
Perilaku penggunaan komputer juga berperan penting dalam menjaga kesetabilan perangkat komputer anda, dengan menggunakan komputer sesuai prosedure setidaknya membantu mengurangi cacat fisik terhadap hardware komputer anda Contoh seperti : 
  • Hidupkan / Mematikan komputer sesuai prosedure
  • Dilarang mencabut kabel listrik komputer saat komputer sedang beroperasi

matikan komputer sesuai prosedur

ketika salah satu hardware komputer anda cacat maka akan berpengaruh dalam kinerja komputer anda, maka dari itu anda perlu melakukan perawatan terhadap hardware komputer anda. 

  2. Perhatikan Software yang terpasang 

Anda harus perhatikan Software apa saja yang terpasang dalam komputer anda, karena dalam beberapa pandangan para master termasuk saya tapi saya belum master, software sangat berpengaruh dalam kinerja komputer. 

banyak para ahli berpendapat Semakin banyak software atau program aplikasi yang terinstal maka kinerja komputer akan semakin lambat!

Apa itu benar ?

Jawabanya, BENAR Semakin banyak software yang terinstal, akan semakin banyak kapasitas Ram yang termakan apalagi jika Ram anda Pas-pasan, Walaupun tidak semua program anda jalankan secara bersamaan, Namun bebrapa program aplikasi saat pertama kali starup akan berjalan otomatis tanpa anda sadari.

lalu bagaimana cara meminimalisir penggunaan program aplikasi ? 

Jika terdapat program aplikasi sejenis dalam komputer anda, contoh : komputer anda terpasang media player winamp dan Gom player, anda bisa pilih salah satunya saja misal winamp saja yang anda pilih lalu gom playernya bisa anda Uninstal.

Uninstal program aplikasi yang menurut anda tidak penting lagi, " Pengalaman saya saat memperbaiki laptop saudara, saat saya memeriksa laptopnya saya tanya  ini aplikasi apa ?  jawaban dia " gak tau itu, udah apus aja ! "  nah perilaku seperti ini yang harus anda hindari. 

anda harus lebih teliti dalam pemilihan aplikasi jangan sebarang memasang aplikasi kalau anda tidak tau fungsinya untuk apa, jika sudah terpasang segera anda uninstal karena sia-sia anda memasang aplikasi kalau anda sendiri tidak tahu itu untuk apa.

jika terlalu banyak aplikasi yang anda pasang namun anda ribet untuk menghapusnya satu persatu, saya saranka instal ulang Os jika sistem operasi anda sudah lebih dari 6 bulan.

Pastikan Software program aplikasi anda selalu dalam keadaan optimal, atau masih aktif untuk digunakan, kadang tanpa kita sadari aplikasi yang sudah kita pasang tiba-tiba tidak bisa dibuka, Crash, atau Corrupt, kalau sudah begini mau ga mau harus kita uninstal, makanya Software Pun perlu dilakukan Perawatan. Baca Cara Merawat Software

  3. Penataan atau Perbaikan Registry

Melakukan perawatan registry sangat penting untuk bagi kelangsungan komputer anda, agar tetap lancar aman dan stabil
registry editor

Memang apa sih, Registry itu ?

Registry bisa disebut juga lemari arsip, tempat untuk menyimpan semua informasi Sistem operasi dan aplikasi yang Terpasang.  Tapi seperti sistem pengarsipan, ketika lemari ini sedang dibongkar pasang ( Instal/Uninstal ) isinya. efek yang di timbulkan akan berantakan dan sampah dimana-mana.  jika sudah demikian akan semakin sulit mendeteksi informasi yang diperlukan komputer.

Maka dari itu perlu dilakukan perbaikan penataan dari registry!

Caranya gimana ?

Windows Punya cara sendiri untuk menghapus sampah file yang tidak valid atau sisa-sisa saat Uninstal aplikasi, yang biasa disebut registy editor atau regedit, aplikasi ini untuk melihat entries registri yang tidak valid.

namun tidak sebarangan untuk menggunakan cara ini salah sedikit akan menyebabkan error atau tidak berfungsinya pada aplikasi yang lain ( yang masih aktif ).

Saya merekomendasikan anda untuk menggunakan software pembantu, Seperti Tune Up Utilities dan CCleaner, software ini dapat membantu anda membersihkan dan menghapus file registry yang tidak valid, bekas sisa Uninstalan. untuk lebih lengkapnya baca disini

  4. Penataan Terhadap Media Penyimpanan

Penataan terhadap media penyimpanan Perlu anda lakukan Khususnya Hardisk. Local disk C, tempat anda menyimpan Sistem operasi dan system apliaksi dan Local disk D, tempat dokumen dan data pribadi anda.

Kenapa Hardisk perlu dilakukan penataan ?

Perlu anda ketahui !, Saat kita memasukan file atau menghapus file di dalam hardisk, akan terjadi penumpukan file pada struktur hardisk. filosofi "saat anda simpan baju kedalam lemari tanpa anda rapihkan posisi baju tersebut, lama kelamaan kondisi lemari itu pasti berantakan" sama halnya dengan hardisk,

Lalu, bagaimana cara mengatur penataanya ?

Dengan menggunakan tools bawaan windows kita dapat mengatur struktur rata letak pada sebuah hardisk, Defragment adalah tools yang digunakan untuk mengatur struktur rata letak file sehingga akan mengurangi fragmentasi sebuah space hardisk. tools ini juga dapat untuk mengurangi space hardisk anda.

Bagaimana cara menggunakan Defragment tools ?

Cara menggunakan defragment tools cukup mudah yang pertama :
1. Anda buka windows Explorer, klik kanan pada local disk yang ingin anda defrag pilih Properties

cara defragmen tools

2. Anda pilih menu Tools, disana muncul pilihan Opsi Seperti Check now..., Defragment Now, dan Back up now. yang semuanya sama-sama untuk untuk melakukan perawatan hardisk. Anda pilih Defragment Now
cara defragment tools 2

3. Anda pilih Local disk yang anda ingin defrag, lalu klik defragment now, tunggu sampai Defragment Selesai.
cara defragment tools

  4. Upgrade Spesifikasi Komputer

Jika cara diatas sudah anda lakukan namun komputer anda masih terasa lemot, mungkin cara ini cara terakhir yang mungkin anda harus lakukan yaitu Upgrade Spesifikasi komputer anda.
Upgrade komputer memang menjadi solusi ampuh dalam mengatasi komputer lemot, tapi jika cara di atas sudah anda jalankan. 

Lalu apa yang harus saya Upgrade ?

Seperti tadi yang saya jelaskan semakin banyak aplikasi yang terinstal maka kapasitas ram akan semakain banyak termakan.  Jadi yang harus anda Upgrade adalah Ram, Usahakan jika anda menjalankan aplikasi komputer Sisa kapasitas Ram tersebut Lebih dari setengahnya. Bila perlu processor juga anda ganti, kalo ada duitnya  heheheh... 

Penutup.....

Sebagai pengguna komputer kita harus pintar mengolah apa yang ada dalam komputer, jangan hanya mengandalkan tukang servis kalau cuma masalah seperti ini, di google tu banyak tutorial" cara mengatasi masalah komputer, tinggal kita mau atau tidak mengikuti langkah-langkah yang harus di lakukanya.Terimakasih Salam Ferdianz.com

Untuk mengetahui Penyebab lain yang sering membuat komputer lemot Bisa anda baca DISINI

Cara mempercepat kinerja komputer anda yang spek rendah 4.5 5 mr.defrm Cara mempercepat kinerja komputer -  Gimanasihh cara mengatasi komputer lemot ?... Pertanyaan ini memang sering dilontarkan para pengguna y...


2 komentar:

  1. boleh neh,.. saya coba,.. PC saya yang satunya spek rendah,.. ty gan,..

    BalasHapus

J-Theme